Google merayakan Ulang Tahun Edmond Dédé ke-194

  • oleh
Google merayakan Ulang Tahun Edmond Dédé ke-194

Google merayakan ulang tahun ke-194 komposer Black Creole Edmond Dédé dengan mengganti logo beranda mereka dengan Doodle untuk menghormatinya.

Kehidupan Edmond Dédé

Edmond Dédé lahir pada 20 November 1827, di New Orleans, Louisiana. Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awal Dédé, tetapi dia belajar klarinet di usia muda, karena ayahnya adalah seorang guru musik. Dédé kemudian beralih ke biola, instrumen di mana ia akan segera dianggap sebagai anak ajaib.

Banyak musisi dan komposer terkemuka mengajari Dédé cara membuat musiknya sendiri. Yaitu, sampai akhir Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1848, ketika Edmond Dédé meninggalkan negara itu untuk mencari pekerjaan di Meksiko dan penangguhan hukuman dari penindasan rasial yang signifikan yang ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan.

Pada tahun 1851, Dédé menerbitkan “Mon Pauvre Cœur ”, karya lembaran musiknya yang paling lama bertahan. Kemudian pada tahun yang sama, ia pindah kembali ke Amerika Serikat dan mulai bekerja keras untuk menabung cukup uang supaya pindah ke Eropa untuk melanjutkan belajar musik klasik. Dia akhirnya pindah ke Paris pada akhir 1850-an dan mulai belajar di Conservatoire de Paris .

Beberapa tahun kemudian, Edmond Dédé menikahi seorang wanita Prancis, Sylvie Leflet, dan bersama-sama mereka pindah ke kota Bordeaux, di mana ia menerima posisi asisten konduktor untuk balet di Grand Théâtre. Di antara peran ini dan pekerjaan selanjutnya di Théâtre l’Alcazar, Dédé menemukan peluang untuk melepaskan kreativitasnya, membuat ratusan lagu, operet, dan balet. Banyak dari komposisinya masih disimpan di Bibliothèque nationale de France , di Paris.

Hanya sekali setelah pindah ke Prancis Edmond Dédé pernah kembali ke New Orleans, pada tahun 1893. Selama perjalanan, kapalnya karam dan sementara para penumpang dapat diselamatkan, biola favorit Dédé hilang. Untungnya dia bisa mendapatkan pengganti yang cocok menjelang penampilan tunggalnya di New Orleans. Edmond Dédé meninggal beberapa tahun kemudian pada tanggal 5 Januari 1901.

Doodle hari ini dipesan oleh Google dari seniman yang berbasis di Brooklyn Lyne Lucien , dan menggambarkan Edmond Dédé memimpin orkestra, dengan biola dan klarinet di belakangnya. Dalam gaya Google Doodle yang sebenarnya, deretan tempat duduk opera di kedua sisi memiliki dekorasi yang mengeja “Google.”

Di Blog Google Doodle , Anda dapat menemukan beberapa draf awal karya seni, bersama dengan wawancara dengan Lyne Lucien

“Sebagai seniman Haiti-Amerika, saya bangga menggambarkan Dédé, seniman luar biasa keturunan Haiti. Melalui komposisi musiknya, ia menangkap semangat kegembiraan dan semangat yang hadir dalam budaya Haiti. Komposisi musik revolusioner Dédé mengingatkan saya pada masa kecil saya yang tumbuh di Port-au-Prince, yang diwarnai dengan semangat dan semangat”

Lyne Lucien


Baca juga berita menarik lainnya di gameartikel.skom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *